Blog Informasi Teknologi

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Dan Campuran



1. Paragraf Deduktif


Paragraf deduktif adalah Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal Paragraf. Gagasan utama terletak pada kalimat pertama dalam suatu paragraf. Oleh karena itu paragraf ini diawali dengan menyatakan sesuatunya yang bersifat umum dan dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan khusus. Paragraf deduktif dikembangkan dari suatu pernyataan umum, maka pola kalimatnya dari umum ke khusus.


Ciri-ciri kalimat deduktif:


a. Kalimat utama berada di awal paragraf.

b. Kalimat yang ditulis dari pernyataan umum dan dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan.



Pola Paragraf deduktif:Umum,Khusus, Khusus, Khusus.

Contoh Paragraf Deduktif :

        Terlambat sudah menjadi hal yang biasa buat mahasiswa. Terlambat tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, karena bangun kesiangan yang selalu menjadi hambatan. Kedua, menumpuknya tugas dari dosen. Ketiga, halangan yang tidak terduga-duga seperti: kecelakaan dan ban bocor. Yang terakhir, kurang diterapkannya kedisiplinan untuk mahasiswa dari dosen.


2. Paragraf Induktif


Paragraf induktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada bagian akhir Paragraf. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum. paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.


Ciri-ciri kaliamat Induktif


a. Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.

b. Disatukan menjadi sebuah kesimpulan yang disertakan penjelasan-penjelasan khusus.

c. Kalimat utama terdapat di akhir paragraf.



Pola Kalimat Induktif: Khusus, Khusus, Khusus, Umum

Contoh Paragraf Induktif :
Setelah diadakan peninjauan penggunaan token listrik meragukan, diketahui bahwa banyak adanya penipuan dari operatornya. Banyak masyarakat yang mengunakan token listrik dengan alasan mudah dan lebih praktis tidak ingin ribet akan tetapi, masyarakat merasa dikecewakan adanya kecurangan yang dilakukan operator, token listrik yang dibeli ke konter dengan harga 50 ribu setelah diisi ke skring listrik hanya berisi 30 ribu. Kesalahan ini bukan disengajakan oleh konter yang mengisikan pulsa token listrik. Bisa dikatakan, bahwa adanya penipuan isi pulsa token listrik membuat masyarakat resah.



3.Pengertian Paragraf Campuran


Paragraf campuran adalahparagraf yang gagasan utamanya terlebih dulu kemudian dijabarkan ke khusus, dan disimpulkan lagi hal umum. Paragraf ini memiliki gagasan utama di awal dan akhir paragraf.
Contoh Paragraf Campuran :


  • Membersihkan sekolah telah menjadi kewajiban setiap siswa-siswi. Karena sekolah yang bersih akan selalu membuat penghuninya merasa nyaman dan tentram. Bukan hanya itu, dengan rutin membersihkan kita akan terhindar dari bibit-bibit penyakit. Tak usah setiap hari membersihkan sekolah minimal dua kali dalam seminggu. Itulah pentingnya selalu membersihkan sekolah.





Labels: Paragraf

Thanks for reading Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Dan Campuran. Please share...!

0 Comment for "Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Dan Campuran"

Back To Top