Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN 1
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
2. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
3. Matematika :Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar :
1. IPA
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
2. PKn
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
3. Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka tanpa menyimpan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. IPA
Memberikan contoh tentang tentang benda-benda bergerak dengan benar.
2. PKn
Melaksanakan tata terbib dirumah dan di sekolah dengan benar.
3. Matematika
Memecahkan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka tanpa menyimpan dengan benar.
D. Tujuan Pembelajaran
· IPA
Melalui metode ceramah, demonstrasi dan diskusi siswa dapat menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan dan tidak menggunakan energi listrik dengan benar.
· PKn
Melalui metode tanya jawab siswa dapat membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluargadengan benar.
· Matematika
Melalui metode pemberian tugas siswa dapat mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
v Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Toleransi ( Tolerance)
Percaya diri ( Confidence)
Keberanian ( Bravery )
E. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
IPA
v Alat rumah tangga yang menggunakan listrik :
1. Televisi
2. Radio
3. Lemari es
4. Setrika
v Alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik :
1. Kompor
2. Jam
PKn
Tugas keluarga
Ayah : bekerja
Ibu : mengurus rumah tangga
Anak : belajar
Matematika
Operasi bilangan :
1. Menjumlahn 2 bilangan
24 + 5 = 29
2. Menjumlahkan 2 bilangan dengan cara bersusun pendek
12 + 15 = 27
F. III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tanya jawab
· Pemberian tugas.
G. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal (10 menit)
Apresepsi
1) Mengecek kehadiran siswa
2) Mengkondisikan siswa kedalam pembelajaran.
3) Mengadakan appersepsi melalui tanya jawab.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
B. Kegiatan inti (45 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
· Guru menjelaskan tentang alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
· Siswa mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
· Siswa menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik.
· Siswa mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok.
· Melalui tanya jawab siswa menyebutkan tugas-tugas setiap anggota keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Siswa dapat membandingkan tugas anggota keluarga ( ayah, ibu dan anak.)
· Siswa mengisi daftar tugas yang selalu dilaksanakan di rumah.
· Gurumenjelaskan soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis.
· Siswa menyimak tentang soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
· Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
· Guru membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir (15 menit)
Dalam kegiatan akhir, guru:
1) Umpan balik dari guru tentang hasil belajar.
2) Guru memberikan reword / penghargaan kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhan mengikuti proses belajar mengajar.
3) Siswa yang mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, disarankan untuk mempelajari kembali materi yang telah dipelajari.
4) Penanaman nilai, moral dan sikap.
H. Alat dan Sumber Belajar
· Buku Sumber :
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
· Alat Peraga :
- gambar benda/ alat rumah tangga yang menggunakan listrik..
- Kartu bilangan.
- Gambar atau model langsung dari alat rumah tangga yang tidak menggunakan listrik.
I. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. IPA : · Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik 2. PKn : · Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga. 3. Matematika : · Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek. · Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10. | | | 1. IPA : · Sebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik 2. PKn : · Bandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga. 3. Matematika : · Bagaimana cara mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek. · Bagaimana cara mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10. |
0 Comment for "RPP TEMATIK KELAS 1 TEMA LINGKUNGAN "