Blog Informasi Teknologi

Surat Pernyataan Tidak Sedang Mencemari Lingkungan

Banyak sekali kegunaan dari surat pernyataan, misalnya saja surat pernyataan tersebut dapat berguna sebagai jaminan untuk meyakinkan seseorang. Apa yang dimaksud dengan surat pernyataan itu sendiri. Surat Pernyataan merupakan sebuah surat yang ditulis oleh seseorang maupun badan hukum (Perusahaan) yang berisikan tentang pernyataan dirinya (perusahaan yang dikelola) atau juga dapat menerangkan bahwa seseorang atau perusahaan tidak pernah melakukan sesuatu hal (misalnya perbuatan buruk/melawan hukum).


Atau juga surat pernyataan itu bisa berupa tulisan yang memuat tentang kesanggupan sebuah perusahaan atau seseorang untuk menanggung semua resiko yang akan dihadinya suatu saat kelak. Banyak sekali contoh dari surat pernyataan, ada berupa surat pernyataan bersedia tidak menikah selama menjalani ikatan dinas Perusahaan, surat pernyataan tidak pernah/sedang dihukum oleh Pengadilan, dan masih banyak lagi contoh dari surat pernyataan lainnya.

Biasanya surat pernyataan itu harus tertulis diatas kertas serta juga ditandatangani oleh Pihak (seseorang) diatas materai. Adapun pengaturan mengenai materai ini bisa kita lihat dari Pasal 2 ayat (1) huruf (a) Undang-Undang Nomor. 13 Tahun 1985 tentang Bea Meterai, jo pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2000.

Apa kegunaan dan manfaat dari surat pernyataan?

Untuk Pihak Penerima surat pernyataan, manfaatnya dapat berupa atau berfungsi untuk alat bukti permintaan tanggung jawab dari pihak yang menyatakan (pihak yang menulis) jika suatu saat apa yang ditulisnya itu tidaklah benar.

Lalu apa kegunaan untuk pihak yang menyatakan? Untuk pihak yang membuat surat pernyataan itu dapat berguna untuk sebagai alat penguat pengakuan, atau dengan kata lain sebagai alat untuk meyakinkan pihak lain bahwa dirinya sesuai dengan apa yang ditulisnya dalam surat pernyataannya.

Bagaimana cara membuat surat pernyataan yang benar?

Di bawah ini akan kami berikan contoh dari surat pernyataan yang ditulis oleh sebuah perusahaan. Yang mana contoh dibawah ini merupakan contoh dari sebuah surat pernyataan bahwa Perusahaan tersebut tidak pernah mencemari lingkungan.

Dalam hal kegiatan yang berkaitan dengan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3), biasanya acapa kali sebuah perusahaan dalam hal ini Penghasil Limbah meminta kepada perusahaan Pengolah/Pemanfaat Limbah, atau juga Transporter Limbah B3 untuk membuat pernyataan tidak mencemari lingkungan. Hal ini berkaitan dengan agar Penghasil Limbah ini tidak ragu untuk memakai jasa baik itu transporte/angkutan, maupun juga Pengolah Limbah B3/Pemanfaat.

Inilah contoh format dari Surat Pernyataan Tidak Mencemari Lingkungan.

SURAT PERNYATAAN
Nomor : 005/SP-PT BMKPU/VIII/2017


Saya Yang bertanda Tangan dibawah ini :

Nama        : Benediktus Bento Hadomuan Tigor Pasaribu
Jabatan     : Presiden Direktur
Alamat     : Perumahan Karang Indah Palem Permain Jalan Kerang Hijau Ajaib Nomor 7 Blok 8 F12,
                   RT 026/RW013 Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Dua Mata
                   Kabupaten Jawa Tengah.

Dalam hal ini saya bertindak selaku Presiden Direktur dari PT. Bergerak Maju Kedepan Pasti Untung Abadi, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Pengangkut, Pengumpul Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun atau disingkat dengan Limbah B3. Yang didirikan dan dijalankan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, berdomisili di Desa Sidomulyo 8, Dusun VI RT/04, RW/02 Kelurahan Margonda Meneng. Kec.Gunung Sewu, Karang Anyar, Jawa Tengah.

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Perusahaan kami tersebut, tidak sedang memiliki Permasalahan Pencemaran Lingkungan. Surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnnya dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Demikian surat ini kami buat untuk dipergunakan sebaik-baiknya, dan apabila dikemudian hari terjadi kekeliruan dan timbul permasalahan Pencemaran Lingkungan, kami bersedia bertanggungjawab sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Jawa Tengah 26 Agustus 2017


Hormat Kami,
PT. Bergerak Maju Kedepan Pasti Untung Abadi



Benediktus Bento Hadomuan Tigor Pasaribu
Presiden Direktur


Labels: contoh surat pernyataan diri, Contoh Surat Pernyataan Tidak Mencemari Lingkungan, Limbah B3, surat pernyataan pertanggungjawaban, Surat Pernyataan Perusahaan

Thanks for reading Surat Pernyataan Tidak Sedang Mencemari Lingkungan. Please share...!

0 Comment for "Surat Pernyataan Tidak Sedang Mencemari Lingkungan"

Back To Top