Blog Informasi Teknologi

Cara Mengatur Berbagi Lokasi Darurat di Android dan iOS

Smartphone sangat spektakuler untuk mengambil foto, memindai berita, dan mengirim pesan, tetapi mereka juga bisa menjadi penyelamat literal jika Anda meluangkan waktu untuk mengaturnya sebelum diperlukan.

Baik Android dan iOS memiliki sistem yang mudah digunakan untuk berbagi lokasi Anda dengan teman, anggota keluarga, atau kontak tepercaya lainnya dalam keadaan darurat. Anda bahkan dapat membuat koneksi yang memungkinkan Anda memeriksa orang yang dicintai untuk melihat apakah ponsel mereka mendeteksi pergerakan belakangan ini dan kemudian meminta pembaruan lokasi otomatis jika Anda tidak dapat menjangkau mereka.

Kunci dari semua ini adalah mengonfigurasi sistem darurat Anda terlebih dahulu sehingga akan tersedia jika terjadi keadaan darurat yang sebenarnya. Ambil dua menit sekarang, dan kemudian tenang mengetahui ponsel Anda siap.

Cara mengatur berbagi lokasi darurat di Android dan iOS

OPSI SEDERHANA UNTUK iOS

Jika Anda memiliki iPhone, Apple menawarkan sistem SOS Darurat built-in yang memberi Anda cara cepat untuk menelepon 911 (atau penyedia layanan darurat yang setara) dan kemudian memberi tahu sekelompok kontak darurat yang telah ditentukan - semuanya dalam sekali gerakan.

Untuk memulai, Anda harus memberi tahu ponsel Anda siapa kontak darurat Anda:

Buka aplikasi Kesehatan.
Ketuk tab "ID Medis".
Ketuk "Edit." (Jika Anda belum membuat ID medis, Anda harus melakukannya terlebih dahulu.)
Temukan opsi "Tambahkan kontak darurat", dan tambahkan berapa banyak orang yang Anda inginkan.
Sekarang, jika Anda pernah dalam situasi darurat dengan iPhone 8 atau lebih baru:

Tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume mana pun, dan Anda akan melihat hitungan mundur "SOS Darurat" muncul di layar Anda.

Terus tahan kedua tombol hingga hitungan mundur berakhir.

IPhone Anda secara otomatis akan menelepon 911, dan segera setelah panggilan terputus, telepon akan mengirim SMS ke kontak darurat Anda dengan lokasi Anda saat ini.

Jika Anda memiliki iPhone 7 atau yang lebih lama, tekan tombol daya lima kali lebih cepat, lalu seret jari Anda di bilah geser SOS Darurat yang muncul di layar untuk memulai proses yang sama.

OPSI SEDERHANA UNTUK ANDROID

Android tidak memiliki fungsi all-in-one yang serupa, meskipun ia menyediakan cara untuk menawarkan informasi layanan darurat tentang kontak darurat yang sudah ditentukan sebelumnya dari layar kunci. Walaupun pengaturannya mungkin agak berbeda tergantung pada ponsel apa yang Anda miliki dan versi Android yang dijalankannya, dasarnya harus sama.

Buka layar kunci ponsel Anda. (Anda tidak memiliki set kunci layar? Mengapa tidak?)
Cari kata "Darurat" di bagian bawah layar kunci. Ketuk itu.
Ketuk "Informasi darurat" dan kemudian pada simbol pensil (atau, tergantung pada ponsel Anda, pada "Tambah"). Anda akan diminta memasukkan PIN atau pola kunci Anda.
Ini akan membawa Anda ke layar informasi Darurat di mana Anda dapat menambahkan informasi pribadi (seperti golongan darah atau kondisi medis yang ada) dan kontak yang ingin Anda beri tahu.

OPSI LANJUTAN UNTUK ANDROID ATAU IOS

Untuk pengaturan yang lebih kuat di mana Anda dapat berbagi dan meminta lokasi dengan kontak tepercaya - tanpa perlu membuat panggilan 911 - unduh aplikasi Kontak Tepercaya Google untuk Android atau iOS. Setelah masuk, buat daftar koneksi Anda.

Ketuk kotak "Tambah Kontak" di layar utama aplikasi.
Temukan dan ketuk nama orang yang ingin Anda tambahkan.
Setelah orang itu menyetujui permintaan Anda (dan menginstal aplikasi ke telepon mereka juga), Anda akan selalu dapat melihat apakah mereka baru-baru ini aktif dan juga apakah baterai ponsel mereka sangat rendah.

Kemudian, jika Anda ingin mengirim peringatan lokasi:

Di layar utama aplikasi, pilih orang yang ingin Anda bagikan lokasi dengan Anda.
Ketuk "Kirim lansiran lokasi sekarang."
Lokasi Anda akan dibagikan selama 24 jam atau hingga Anda menekan tombol "Stop".
Dan untuk meminta lokasi orang lain:

Ketuk nama orang tersebut di layar utama aplikasi.
Ketuk "Tanyakan lokasi [orang]."
Aplikasi ini akan memberi tahu orang tersebut tentang permintaan Anda, dan jika mereka tidak merespons dalam jangka waktu tertentu, itu akan secara otomatis membagikan lokasi mereka kepada Anda.
Secara default, aplikasi Kontak Tepercaya Google akan membagikan lokasi yang diminta setelah lima menit tanpa tanggapan.

Ini adalah jenis hal yang Anda harap tidak akan pernah Anda butuhkan, tetapi dengan orang-orang terkasih, khususnya, itu dapat membawa ketenangan pikiran yang berharga untuk membuatnya siap untuk berjaga-jaga.


Labels: Android, iPhone

Thanks for reading Cara Mengatur Berbagi Lokasi Darurat di Android dan iOS. Please share...!

0 Comment for "Cara Mengatur Berbagi Lokasi Darurat di Android dan iOS"

Back To Top