Blog Informasi Teknologi

Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)

Aristoteles adalah seorang ilmuwan yang lahir di tahun 384 sM. Ilmuwan kenamaan ini pun kemudian wafat di tahun 322 sM. Sepanjang hidupnya Aristoteles dikenal sebagai seorang filsuf (filsafat) tebesar dan ternama sepanjang sejarah zaman kehidupan. Ia pun sering dipanggil sebagai Bapak Ilmu Pengetahuan, Bapak Ensiklopedi, atau juga guru dari para ilmuwan. Aristoteles yang dikenal sebagai Filsuf ini menemukan logika ( ilmumantik pengetahuan tentang cara berpikir yang baik, sehat dan benar).



Ayah dari Aristoteles dikenal sebagai seorang yang berprofesi sebagai dokter yang bernama Nicomachus. Ayahnya yang seorang dokter ini bekerja di sebuah istana Amyntas III, tempat istana seorang raja Macedonia (kakek Alexander Agung). Namun sayangnya ketika Aristoteles beranjak remaja saat berumur lima belas tahun ayahnya ini meninggal dunia. Kemudian sepeninggalan ayahnya, Aristoteles pun dirawat dan tumbuh di tengah keluarga Proxenus (seseorang yang masih juga memiliki hubungan darah dengan ayahnya).

Dua tahun kemudian ketika Aristoteles mulai beranjak dewasa saat usianya menginjak tujuh belas tahun, ia pun kemudian masuk dalam sebuah akademi milik ilmuwan kenamaan (Plato). Di akademi milik ilmuwan yang berada di kota Athena ini Aristoteles menghabiskan waktunya selama dua puluh tahun lebih lamanya untuk menimba ilmu. Namun sesudah Plato meninggal dunia di tahun 374 sebelum masehi, Aristoteles pun kemudian memilih untuk meninggalkan akademi ini dan pergi dari Athena dan memilih untuk hidup mengembara selama dua belas tahun lamanya.

Kemudian ia pun memilih untuk mendirikan sebuah lembaga akademi di kota Assus. Di kota ini kemudian ia bertemu dengan seorang wanita yang kemudian dinikahi olehnya. Wanita yang beruntung yang dipersunting oleh Aristoteles ini dikenal dengan nama Pythias. Namun sialnya tak berselang lama, isterinya yang bernama Pythias ini kemudian meninggal dunia. Kemudian ia pun kembali menikah dengan seorang wanita bernama Herpyllis. Dari pernikahannya dengan Herpyllis ini Aristoteles pun mendapatkan keturunan seorang anak lelaki bernama Nicomachus. Nama anak lelakinya ini diambil dari nama ayahnya sendiri.

Kemudian Aristoteles pun kembali mendirikan sebuah lembaga akademi pendidikan di kota Mytilene. Lembaga ini didirikan olehnya sembari ia mengajar menjadi guru Alexander Agung selama tiga tahun lamanya. Di tahun 335 sebelum Masehi Aristoteles pun mendirikan sebuah lembaga di kota Lyceum (Athena).


Di kota ini kemudian ia membuat sebuah riset, penelitian, eksperimen, memberi kuliah, berpikir dan membuat catatan-catatan dengan tekun & giat serta cermat. Hari demi hari ia habiskan di kota ini dengan kegiatan positif tersebut selama dua belas tahun lamanya. Ketika Alexander Agung meninggal dunia di tahun 323 sebelum masehi Aristoteles pun pergi meninggalkan kota ini dan menetap di kota Chalcis. Adapun pilihannya jatuh di kota Chalcis karena ia takut dikejar-kejar dan diancam akan dibunuh oleh orang Yunani. Yang mana orang Yunani yang mengejar dan berusaha untuk membunuhnya ini dengan alasan karena membenci pengikut Alexander Agung. Dan di tahun berikutnya Aristoteles pun wafat (meninggal dunia). Ia tutup usia saat umurnya 62 tahun.


Selama hidupnya sudah banyak penemuan ilmu yang ditemukan oleh Aristoteles. Cabang-cabang ilmu yang ditemukan olehnya seperti diantaranya; ilmu tentang fisika, botani, biologi, astronomi, meteorology, anatomi, kimia, embrologi, zoologi, dan psikologi eksperimental. Meski sudah dua ribu tahun lebih lamanya istilah-istilah dari ciptaan Aristoteles ini masih sering dipakai sampai hari ini. Misalnya saja istilah seperti, relasi, informasi, energy, kualitas, individu, kuntitas, subtansi, esensi, materi dan istilah yang lainnya.

Dalam semasa hidupnya Aristoteles telah berhasil mengarang buku kurang lebih sebanyak 50 buah buku. Dengan uraian yang jelas dan terperinci serta sistematis, dan mendalam ia dapat mengarang buku. Aristoteles lah yang dapat membuktikan pertama bahwa bumi itu bulat dengan jalan melihat gerhana. Dialah yang membagi kata menjadi 10 jenis seperti; kata benda, kata kerja, kata sifat dan sebagainya. Dan Aristotles jugalah yang mengatakan bahwa manusa adalah mahluk social, dan ia juga yang mengemukakan bahwa setiap pernyataan harus dibuktikan dengan kebenarannya. Bahwa kunci dari pengetahuan adalah logika dan dasar dari pengetahuan adalah fakta.

Menurut Aristoteles semua yang bergerak di alam kehidupan semesta ini bergerak menuju Tuhan. Ia juga yang menyatakan bahwa semua manusia yang ingin bahagia hendaknya harus berbuat baik dengan sebanyak-banyaknya. Aristoteles lahir di Macedonia (Stagirus) pada tahun 384 sebelum masehi. Dan tutup usia (wafat) di Yunani Chalcis, pada tahun 322 sebelum Masehi.


Labels: aristoteles adalah penemu, biografi aristoteles, filsafat aristoteles, karya aristoteles, pemikiran aristoteles, Pendidikan, penemuan aristoteles, teori aristoteles

Thanks for reading Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM). Please share...!

0 Comment for "Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)"

Back To Top